Posted by : KKaren Nov 25, 2018

TEKNOLOGI INFORMASI


1. Definisi Serta Manfaat Teknologi Informasi

- Definisi Teknologi Informasi

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) merupakan istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).


- Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat IT dalam perkembangan kehidupan sehari hari memang sangat banyak, terutama untuk pendidikan, industri, internet, dan berbagai bisnis dan dunia lainnya sangat lah banyak. Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terutama untuk dunia bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan IT akan cendrung menjadi kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang beralih dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan meningkatkan keuntungan mereka.

Manfaat IT dalam membangun suatu individu, perusahaan, bahkan sebuah negara sangat berdampak besar. Terbukti bahwa IT (Information Technology) dapat mengubah suatu Individu, perusahaan, bahkan suatu organisasi dan negara seperti membuat pekembangan dan kemajuan untuk mereka ataupun dapat menjatuhkan mereka secara mudah.

Manfaat IT  Untuk Bisnis dan Perusahaan
Dengan memanfaatkan IT untuk bisnis akan memberikan dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan perusahaan di dunia. Berikut ada beberapa manfaat penting IT untuk bisnis dan pada sebuah perusahaan.

1. IT dapat memperluas pangsa pasar.
2. IT dapat meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
3. IT dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.
4. IT dapat memberikan keunggulan kompetitif.
5. IT dapat memberikan peluang bisnis baru.

Pemanfaatan IT untuk mendukung berbagai kebutuhan dan perkembangan organisasi, individu dan perusahaan tentu akan mendatangkan sesuatu yang positif. Namun perlu diketahui bahwa IT dapat membuat kita menjadi insan yang lebih berarti dengan memanfaatkannya untuk hal yang positif. Manfaat IT untuk hal yang positif tentu akan mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan.

Manfaat IT untuk Kehidupan Sehari Hari
Dalam kehidupan sehari hari IT memang memegang peranan penting tidak mengenal dan ada batasan usia, IT menjadi suatu hal yang harus dan menjadi kebutuhan pokok semua individu. IT menjadi bahan utama dalam berbagai kegiatan apapun seperti perkuliahan, belajar mengajar, dan kegiatan lainnya. Berikut adalah berbagai manfaat IT untuk kehidupan sehari hari yang kita perlukan atau yang kita alami sendiri.

1. Menambah ilmu pengetahuan.
2. Mempermudah mengerjakan tugas sehari hari.
3. Lebih praktis
4. Menambah jaringan teman.
5. Mendapatkan informasi secara mudah dan gampang.
6. Dalam perkembangannya IT juga berguna dalam kehidupan sehari hari untuk
7. membuat orang lebih makmur dan mendapatkan manfaat lain yang lebih berarti.

Tips Pemanfaatan IT
Pemanfaatan IT haruslah secara bijak dan di Indonesia sendiri telah diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku malalui UU ITE. Perkembangan salah satu produk IT, seperti Internet menjadikan kita harus waspada. Manfaat internet memang cukup besar bagi bidang kehidupan, namun ada juga dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab, yang artinya kita harus lebih waspada.

Pastikan anda memanfaatkan IT untuk hal-hal yang positif dan jangan pernah mencoba menyelewengkan kelebihan yang anda miliki melalui teknologi dengan merugikan atau mencelakai orang lain. Gunakan dan manfaatkan secara bijak untuk masa depan dan kehidupan sehari hari anda. Berikut adalah tips memanfaatkan IT.

1. Bimbing anak anda dalam penggunaan perangkat IT terutama internet
2. Gunakan untuk hal hal yang positif
3. Analisis terlebih dahulu baru menggunakan secara permanen
4. Tidak menggunakan untuk hal hal berbau negatif
5. Bagaimanapun setiap perkembangan teknologi Informasi harus kita saring dari posisi positifnya,
6. buang peran negatifnya untuk hal yang tidak dibutuhkan atau bahkan membahayakan kita.


- Contoh Pengunaan Teknologi Informasi Dalam Kehidupan sehari-hari

Dalam Bidang Pendidikan
Dengan adanya teknologi e-learning , maka dalam kegiatan belajar-mengajar yang seperti biasanya kita temui di dalam sebuah ruangan kelas, namun sekarang bisa dilakukan secara virtual, maksudnya yaitu dalam hal belajar - mengajar ini, seorang guru hanya perlu mengajar dengan bantuan dari sebuah komputer yang berada di suatu tempat, sedangkan dengan para siswanya bisa mengikuti pelajaran yang bersangkutan tersebut dari komputer yang lain maupun di tempat yang berbeda pula. Dalam perihal ini, bisa dibilang secara langsung antara pengajar dengan yang belajar tidak saling berkomunikasi, tetapi secarba harfiah tidak langsung keadaan mereka itu merupakan saling berinteraksi dalam waktu yang sama.

Maka semua proses belajar - mengajar bisa dilakukan hanya melalui bantuan dari sebuah komputer yang terhubung pada jaringan internet. Segala fasilitas yang biasanya kita temui di dalam sebuah ruangan sekolah, kini dapat tergantikan fungsinya hanya dengan menu - menu yang terpapar di layar monitor komputer. Dan pula materi pelajarannya pun bisa didapatkan langsung hanya perlu mendownloadnya berupa dalam dalam bentuk file-file yang tersedia. Begitupun jikalau mau adanya interaksi antara pengajar dengan yang belajar dalam hal misalnya pemberian tugas, maka bisa di diskusikan lebih efektif melalui forum - forum diskusi maupun e-mail.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya teknologi informasi dalam bidang pendidikan.

Untuk Peserta didik
Segala pengetahuan yang bisa di cari dapat dengan mudah diakses dan ditemukan, umpamanya saat mempelajari mengenai persiapan diri dalam SNMPTN secara online, sebelum sampai saat menghadapi seleksi yang sebenarnya.
Mereka tak mungkin lagi akan ketinggalan apa saja informasi yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah, umpanya mengenai sejarah – sejarah , budaya suatu daerah, dan lain – lain sebagainya.

Untuk yang mendidik
Mereka akan memungkinkan untuk dapat menjangkau peserta didik yang mungkin agak di perdalaman dengan menghubungkan program virtual dalam pembelajaran. Akan mempermudah dalam penyampaian materi dalam pembelajaran untuk peserta didiknya. Adanya e-Library yang bisa mempermudah sekaligus mengurangi pembiayaan dalam penyediaan buku pada perpustakaan Dan lain – lain sebagainya.

Dalam Bidang e-Commerce
Untuk konsumen bisa memilih barang yang akan dipilih secara lebih luas, dengan pilihan yang banyak. Bagi perusahaan tidak usah lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membuka cabang untuk distibusi barang. Biaya yang dikeluarkan untuk hal marketing plus gaji karyawan akan lebih ringan. Penghematan waktu sekaligus biaya transportasi dikarenakan tidak perlu lagi untuk mendatangi ke TKP langsung. Dan biasanya harga barang akan relative lebih murah dalam hal kasus - kasus tertentu.


- Dampak dari Penggunaan Teknologi Informasi

Dampak positif Teknologi Informasi

Mempercepat arus informasi
Arus informasi saat ini menjadi sangat cepat, bahkan cenderung tidak terkontrol hingga saat ini. namun demikian, hal ini merupakan salah satu dampak positif, karena dapat memberikan informasi mengenai suatu kejadian secara cepat, meskipun terkadang tidak akurat dan tidak tepat. Arus informasi dengan feedback yang merupakan karakteristik sistem informasi menjadi salah satu faktor perkembangan informasi dan komunikasi yang tampak. Sehingga memberikan manfaat tersendiri bagi setiap user. Terlebih terhadap internet, perkembangan jaringan komputer menjadi semakin pesat seiring penggunaan internet yang kian meningkat.

Mempermudah akses terhadap informasi terbaru
Merupakan salah satu efek domino dari bertambah cepatnya arus informasi. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat, maka siapapun akan bisa memperoleh informasi dengan mudah. Akses terhadap informasi ini bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan dari siapapun itu. Hal ini akan membantu individu dalam meningkatkan informasi dan pengetahuan yang dimilikinya, meski terkadang realibilitas dan validitas dari informasi tersebut dipertanyakan.  Hal ini menjadi penanda bahwa penggunaan internet untuk berkomunikasi menjadi salah satu pilihan yang sangat diminati. Karena dapat terhubung ke setiap orang dai belahan dunia manapun. Disinilah peranan manfaat jaringan komputer sebagai salah satu sumber penggunaan internet menjadi lebih optimal.

Media Sosial
Media sossial juga merupakan dampak positif lainnya dari perkembangan teknologi informasi dan kommunikasi. Media sosial dapat memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat mempertumakan individu dengan orang baru, dan menambah relasi antar individu. Sebagai contoh, salah satunya adalah facebook. Situs yang cukup besar ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak orang gunakan. Tidak hanya untuk menambah jaringan pertemanan di dunia maya, facebook juga menjadi sarana promosi dalam bisnis. Manfaat facebook bagi user sangatlah berguna, terlebih untuk menjalankan bisnis, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar.

Membantu individu dalam mencari informasi
Dalam mencari informasi yang baru dan masih hangat, maka teknologi informasi dan juga komunikasi sangat memegang peranan yang penting. Dengan adanya arus informasi yang menjadi jauh lebih cepat, maka individu akan menjadi lebih mudah dalam mencari informasi yang diinginkan.  Peranan internet terhadap prestasi belajar siswa menjadi salah satu momok yang cukup diperhitungkan. Dalam hal ini siswa dapat mengeksplor pikiran dan bahan pelajaran di sekolah mereka dengan mengakses informasi lebih luas dalam setiap mata pelajaran. Sehingga siswa tersebut memiliki pikiran yang tak hanya berlingkup dari sekolah saja tapi dari luar sekolah secara global.

Media hiburan
Pemanfaatan dari teknologi informasi dan juga komunikasi berikutnya adalah dalam hal hiburan. Teknologi informasi dan juga komunikasi saat ini mendukung media hiburan yang sangat banyak ragamnya bagi setiap orang. Contoh saja dari media hiburan berupa games, music, dan juga ideo, banyak orang yang bisa hilang dan juga lepas dai stress karena hiburan yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini. Fungsi teknologi dan informasi dan komunikasi juga dapat menjadi salah satu pilihan hiburan yang cukup simple bagi beberapa orang. Tidak hanya sebagai media informasi, penggunaan internet dapat menjadi salah satu hal pereganggan pipkiran, contohnya dengan menonton video yang banyak tersebar di internet. Akan tetapi perlu di noted bahwa ajang hiburan ini sebagai hal positif untuk menghilangkan suntuk semata bukan untuk mengakses konten negatif yang membawa dampak buruk bagi user.

Mempermudah komunikasi jarak jauh
Komunikasi merupakan salah satu hal yang paling utama yang harus dijalin oleh manusia, sebagai makhluk sosial. Dengan adanya teknologi informasi dan juga komunikasi, maka saat ini untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain menjadi jauh lebih mudah. Apabila pada jaman dulu kita harus menunggu berhari-hari menggunakan pos, maka saat ini, dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kita bisa mengirim pesan dalam waktu hitungan detik, dengan cepat dan juga mudah. Ini menjadi salah satu faktor pendorong penyebab teknologi komputer berkembang cepat. Chatting menjadi hal yang favorit bagi sebagian orang, terlebih saat ini penggunaan smartphone semakin meningkat di semua kalangan.

Sharing dan berbagi file
File dan juga dokumen saat ini sudah merupakan kebutuhan dari setiap orang. Baik dari file music ataupun dokumen penting, bisa dibagikan dengan menggunakan internet yang merupakan produk dari teknologi informasi dan juga komunikasi. Setiap user dapat saling membagikan file dan dokumen dengan mudah, bahkan kita saat ini bisa menyimpan file yang kita miliki dengan mudah di dalam cloud storage, atau media penyimpanan di dalam internet. 

Memiliki banyak dampak positif dalam bidang pendidikan
Dampak lainnya yang paling terasa dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah dalam bidang pendidikan. Materi pelajaran dan segala hal yang berhubungan dengan pendidikan akan menjadi lebih mudah untuk diakses dan diperoleh. Sehingga hal ini pun akan membantu meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi dari kebutuhan pendidikan itu sendiri bagi tiap individu di dalam kehidupan sehari-hari. Inilah manfaat mempelajari ilmu komputer yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah maupun tugas kuliah. Peranan teknologi memang tak dipungkiri juga turut andil dalam perkembangan dunia pendidikan yang lebih luas, dan lebih maju untuk kedepannya.

Sebagai lokasi untuk bisnis jual beli
Saat ini, muncul banyak lapangan pekerjaan baru yang dihasilkan berkat adanya perkembangan teknologi informasi dan juga komunikasi, yaitu online shop dan juga bisnis online. Hal ini menggeser kedigdayaan penjualan barang melalu toko fisik, karena dianggap lebih murah, praktis dan juga lebih efisien dari segi pemasaran produknya. Dengan adanya toko online ini, maka semakin banyak meningkatkan lapangan pekerjaan, dimana orang yang tadinya tidak memiliki pekerjaan akhirnya bisa memiliki pekerjaan dengan berjualan online. Disinilah fungsi sistem informasi dibutuhkan, juga bisa menggunakan media komunikasi online sebagai sarana mempromosikan bisnis.

Dampak negatif Teknologi Informasi

Meskipun memiliki banyak dampak positif, akan tetapi ternyata teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman user akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi dan juga komunkasi dengan baik dan juga benar.

Berikut ini merupakan beberapa dampak negatif dari Teknologi Informasi:

1. Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara langsung.
2. Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber (cybercrime).
3. Cyber Bullying.
4. Konten negative yang berkembang pesat.
5. Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas
6. Menjauhkan individu dengan individu lain disekitar.
7. Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan.
8. Membuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna.
9. Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang.

Mengatasi Dampak Negatif Dari Perkembangan Internet

Pesatnya perkembangan teknologi informasi tidak hanya menimbulkan dampak positif terhadap kehidupan manusia, tetapi juga banyak menuai dampak negatifnya. Untuk itu, Adapun solusi yang dapat di dikembangkan dalam meminimalisir dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi atau internet.

Cara Mengatasi Dampak Teknologi Informasi atau Internet

1. Masyarakat harus diberikan pemahaman tentang cara menggunakan teknologi informasi dengan baik dan tidak melanggar etika. Sehingga teknologi informasi dapat dimanfaatkan dengan semestinya.

2. Pemerintah harus membuat suatu peraturan yang tegas terhadap setiap pelanggaran penggunaa teknologi informasi yang merugikan orang lain dan negara.

3. Masyarakat juga harus di beri bimbingan untuk menggunakan teknologi yang di kuasai untuk menjalin hubungan yang lebih intens dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah di kenal didunia nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di Facebook, twitter , atau social media yang lain karena kecenderungan yang terjadi, mereka yang hanya anda kenal didunia maya tidak akan memberikan nilai persahabatan yang saling mensupport antara satu dan yang lain didunia nyata.

4. Blokir situs-situs dan halaman web yang tidah edukatif serta menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri dan banyak orang.

5. Atur waktu dan jadwal kegiatan menggunakan teknologi informasi. Agar tidak berlebihan dalam penggunaanya.

6. Memperkuat nilai-nilai agama yang utamanya ditanamkan pada anak-anak dibawah umur.

7. Peran Pemerintah sebagai pengendali sistem informasi harusnya lebih jeli untuk menyaring terhadap apa yang masyarakat akses di dunia maya.

8. Bimbingan orang tua terhadap anaknya juga penting untuk mengendalikan serta menyaring apa saja yang anaknya akses didunia maya sehingga tidak melanggar nilai-nilai agama.

- Penggolongan Komputer

  A. Data yang diolah

1. Komputer Analog
Komputer Analog adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan pararel. Komputer jenis ini biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contoh dari Komputer ini adalah komputer yang digunakan untuk mengukur suhu, kecepatan suara, dan voltase listrik.

2. Komputer Digital
Komputer Digital adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif seperti huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter khusus. Biasanya komputer ini memerlukan bahasa perantara (bahasa pemrograman). Salah satu contoh dari Komputer digital adalah PC (personal computer).

3. Komputer Hybrid
Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. contoh dari komputer ini adalah faksimile.

  B. Berdasarkan Penggunaannya

1. Komputer untuk tujuan umum (general purpose computer)
Komputer ini adalah komputer yang biasa kita temukan atau yang biasa kita gunakan sehari-hari. misalnya komputer yang digunakan untuk mengetik, mengolah data perhitungan, mengolah data grafis, mengolah database, dan lain sebagainya. Contoh dari Komputer ini adalah PC dan Laptop.

2. Komputer untuk tujuan khusus (Special purpose computer)
Special purpose computer adalah komputer yang digunakan secara khusus dan mempunyai satu fungsi saja. Hayo! makin bingung kan?. Maksud mempunyai satu fungsi saja itu adalah komputer tersebut tidak digunakan untuk pekerjaan yang biasanya. Contohnya adalah Komputer SERVER, PC router, atau terminal dumb. kalau masih bingung, lihat gambar dibawah ini.

  C. Berdasarkan Ukurannya

1. Supercomputer (Superkomputer)
Superkomputer adalah jenis komputer terkuat dalam hal kinerja dan pengolahan data. Superkomputer mampu melakukan triliunan instruksi per detik yang dihitung dalam Floating point Operations Per Second (FLOPS), tidak seperti Personal Computer (PC) yang hanya bisa melakukan jutaan instruksi per detik (MIPS).

Superkomputer biasanya digunakan secara khusus oleh organisasi besar untuk melakukan tugas tertentu, seperti untuk tujuan penelitian dan eksplorasi. Misalnya, NASA yang menggunakan superkomputer untuk meluncurkan pesawat-pesawat ulang-alik, mengendalikannya dan untuk tujuan eksplorasi ruang angkasa.

Superkomputer sangat mahal dan memiliki ukuran yang sangat besar. Komputer jenis ini dapat ditampung di ruang ber-AC yang besar, beberapa superkomputer bahkan membutuhkan seluruh ruang bangunan.

Beberapa Penggunaan Superkomputer
Superkomputer biasanya digunakan untuk melakukan tugas seperti berukut:

a. Eksplorasi Ruang Angkasa
Superkomputer digunakan untuk mempelajari asal mula alam semesta, Dark Matter. Untuk penelitian ini, ilmuan menggunakan superkomputer yang dirancang IBM yang disebut “Roadrunner” di National Laboratory Los Alamos.

b. Penelitian Gempa Bumi
Superkomputer digunakan untuk mempelajari fenomena Gempa Bumi. Di samping itu, superkomputer juga digunakan untuk eksplorasi sumber daya alam, seperti gas alam, minyak bumi, batubara, dll.

c. Perkiraan Cuaca
Superkomputer digunakan untuk peramalan cuaca, dan untuk mempelajari sifat dan tingkat badai, curah hujan, angin topan, dll.

d. Pengujian Senjata Nuklir
Superkomputer digunakan untuk menjalankan simulasi senjata yang dapat menguji jarak, akurasi dan dampak senjata nuklir.

Di Pakistan, superkomputer digunakan oleh lembaga pendidikan seperti NUST untuk tujuan penelitian. Pakistan Atomic Energy commission & Heavy Industry Taxila juga menggunakan superkomputer untuk tujuan penelitian.

Supercomputer Terkuat di Dunia
Dari semua supercomputer yang ada, berikut 3 diantaranya yang disebut sebagai yang terkuat:

a. Tianhe-2, China
Tianhe-2 (Milky Way-2) dibangun oleh National University of Defence Technology (NUDT) China untuk National Supercomputer Center di Guangzho. Supercomputer ini merupakan komputer terkuat kuat di dunia dengan kecepatan 33,86 PetaFLOPS (Pflop/s) pada benchmark Linpack.

Sistem ini memiliki 3.120.000 Core Komputasi yang terdiri dari 16.000 Node Komputer, masing-masing terdiri dari dua prosesor Intel Ivy Bridge Xeon dan tiga chip coprocessor Xeon Phi.

b. Titan, United States
Supercomputer Titan merupakan sistem Cray XK7 yang digunakan oleh Departemen Energi Amerika Serikat di Oak Ridge National Laboratory. Supercomputer ini di-upgrade pada tahun 2012 agar menjadi komputer terkuat (sampai mesin Tianhe-2 menyalipnya).

Supercomputer ini memiliki kecepatan 17.59 PetaFLOPS (Pflop/s) menggunakan 261.632 NVIDIA K20x Core.

c. K Computer, Japan
K Computer dibuat oleh Fujitsu di RIKEN Advanced Institute for Computational Science (AICS) di Kobe, Jepang. Supercomputer ini pernah menduduki peringkat pertama pada tahun 2011 dalam daftar komputer terkuat, namun kemudian di geser ke posisi ke empat.

Supercomputer ini memiliki kecepatan 10,51 PetaFLOPS (Pflop/s) dan menggunakan 705.024 core prosesor SPARC64.

2. Mainframe Computer (Komputer Mainframe)
Meskipun tidak secepat dan sekuat superkomputer, namun Komputer Mainframe tetap saja merupakan jenis komputer yang sangat cepat dan mampu memproses dan menyimpan data dalam jumlah yang besar. Komputer Mainframe biasanya ditampung di kamar ber-AC yang besar karena ukurannya yang juga besar.

Jenis Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaan dan organisasi besar yang mampu menggunakannya. Banyak perusahaan besar dan organisasi pemerintah yang menggunakan mainframe untuk menjalankan operasi bisnis mereka.

Perbankan, lembaga pendidikan dan perusahaan asuransi menggunakan komputer mainframe untuk menyimpan data tentang pelanggan mereka, siswa dan pemegang kebijakan asuransi.

Komputer Mainframe Populer
Berikut beberapa komputer mainframe cukup populer:

Fujitsu ICL VME
Hitachi Z800

3. Minicomputer (Komputer Mini)
Minicomputer adalah jenis komputer dengan kemampuan pengolahan dan penyimpanan lebih kecil daripada Mainframe tetapi lebih besar daripada Microcomputer.

Dewasa ini, istilah micomputer sudah diaggap kuno dan lebih sering disebut Midrange Computer atau midrange system. Minicomputer biasanya digunakan oleh perusahaan kecil.

Minicomputer tidak dirancang untuk satu pengguna (single user). Masing-masing departemen dari sebuah perusahaan besar atau organisasi menggunakan minicomputer untuk tujuan tertentu. Sebagai contoh, departemen produksi dapat menggunakan minicomputer untuk memantau proses produksi tertentu.

Minicomputer Populer
Berikut beberapa minikomputer cukup populer:

Minicomputer Populer
K-202
Texas Instrument TI-990
SDS-92
IBM Midrange computers

4. Microcomputer (Komputer Mikro)
Microcomputer adalah jenis komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai Unit pemrosesan utama-nya (CPU). Komputer Desktop, Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Game Konsol, Suara dan Navigasi Sistem Mobil, Personal Digital Assistant (PDA), Tablet dan Smartphone, semuanya termasuk dalam kategori microcomputer.

Microcomputer merupakan jenis komputer yang paling banyak digunakan dan paling cepat berkembang. Jenis komputer ini juga merupakan yang termurah diantara semua jenis-jenis komputer diatas.


Microcomputer dirancang khusus untuk penggunaan umum seperti untuk tujuan hiburan, pendidikan dan pekerjaan. Adapun produsen terkenal microcomputer diantaranya Sony, Dell, Apple, Samsung, dan Toshiba.

- Penggunaan Aplikasi yang ada dalam media Internet

1. Google
Google Digunakan untuk mencari sesuatu yang ada di internet , seperti menonton video dalam youtube,dailymotion.dll , mencari gambar,berita dan sesuatu yang menarik yang ada dalam Google
Cara Penggunaan :
- Buka Aplikasi Browser (Google Chrome , Mozilla Firefox , Opera , Microsoft Edge .dll)
- Kemudian Ketik pada URL Text diatas : "www.google.com"

2. Google Drive
digunakan untuk menyimpan file dalam cloud atau awan (dalam server yang ada di Google Drive)
Cara Penggunaan :
- Ketik URL pada Browser Text diatas : "drive.google.com"
- Kemudian Login dengan Akun google yang kamu punya
- Jika sudah , klik tombol New/Upload untuk menunggah file yang akan diupload

3. Gmail
digunakan untuk surat menyurat secara elektronik , Misalnya untuk keperluan melamar pekerjaan , mengirim tugas untuk dosen .dll
Cara Penggunaan :
- Ketik pada URL Text : "www.gmail.com"
- Daftar terlebih dahulu jika belum punya akun gmail
- Jika sudah , Login dengan cara memasukkan email dan password
- Selesai

4. Facebook
Facebook digunakan untuk jejaring sosial , mencari teman dan bisa untuk mencari sebuah berita terkini yang ada di internet 
Cara Penggunaan :
- Daftar Terlebih dahulu jika tidak mempunyai akun facebook menggunakan E-mail atau Nomor Telepon
- Jika sudah , login Facebook dengan memasukkan username/E-mail dan Password 
- Selesai




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © Kujou Karen * Kujou Karen * - Powered by Blogger -