Posted by : KKaren Oct 20, 2016



HALO SEMUA....!!

Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara kerja receiver sinyal dan protokol jaringan
silahkan simak ya ^_^


Cara Kerja Receiver sinyal


Bagaimana penerima radio mengelola untuk berkomunikasi jarak jauh? Berikut ini adalah deskripsi dari mekanisme dasar yang digunakan. Prinsip penerima adalah sama apa pun cara Anda berkomunikasi; gelombang radio, gelombang suara, komunikasi optik ... Ini adalah udes ketika sinyal penerima mendapat sangat lemah atau ketika keandalan yang sangat tinggi diperlukan.

1. Introduction

Misalkan saya memiliki perangkat kecil mampu memancarkan suara bip. Ini hanya sebuah kotak kecil, dengan loudspeaker dan on / off switch. Ketika Anda menghidupkan saklar on, perangkat mengeluarkan suara bip terus menerus. Ketika Anda menghidupkan saklar off, perangkat menjadi diam. Perangkat ini merupakan emitor.

Kedua, misalkan saya punya perangkat kecil lain yang mampu mendengar suara bip. Hal ini juga sebuah kotak kecil, dengan mikrofon dan lampu. Ketika mikrofon mendengar suara bip, lampu bersinar. Ketika mikrofon mendengar ada suara bip, lampu tetap gelap. Perangkat ini adalah penerima.

Anda dapat bermain dengan dua perangkat kecil sebanyak yang Anda inginkan:

Ketika Anda menghidupkan saklar emitor pada, lampu penerima mulai bersinar. Ketika Anda menghidupkan saklar dari emitor off, lampu penerima gelap. Dan seterusnya.

Jika penerima telah membangun cara dasar, maka jarak di mana karya-karya komunikasi akan beberapa meter atau beberapa puluh meter:

Jika Anda menempatkan penerima, mengatakan 50 meter dari emitor, maka tidak akan ada lagi komunikasi. Ketika Anda menghidupkan saklar dari emitor pada, lampu penerima tidak akan mulai bersinar. Ini akan tetap gelap.

Tapi, jika Anda membangun sebuah penerima jarak jauh, maka jarak mungkin jauh lebih dari 50 meter:

Misalkan Anda berada di sebuah kota yang bising. Anda menempatkan emitor suatu tempat, kemudian berjalan pergi. Pada beberapa puluh meter jarak telinga Anda tidak lebih mendengar suara emitor. Tapi, setelah 1 kilometer berjalan kaki, penerima jarak jauh masih berhasil mendengar suara emitor. Hebatnya, komunikasi bekerja: ketika beralih dari emitor didorong ke atas; pelita penerima mulai bersinar. Dan ketika saklar dari emitor ditarik ke off, lampu penerima gelap. Pada 1 jarak kilometer! Itu ajaib.

Hanya ada satu kelemahan: komunikasi sekarang agak lambat. Ketika saklar dari emitor ditarik ke atas, Anda harus menunggu 1 menit sampai lampu penerima mulai bersinar. Dan ketika Anda mendorong saklar dari emitor ke off, Anda harus menunggu lagi 1 menit sampai lampu penerima gelap.

Hal ini berkat teknologi ini bahwa komunikasi dengan pesawat antariksa akan luar tata surya telah dimungkinkan.

Tujuan kami adalah sehingga sekarang untuk menjelaskan bagaimana keajaiban kecil ini bekerja.

2. Sinyal/Noise Ratio

Misalkan kita mengambil mikrofon dan menghubungkannya ke sebuah osiloskop disetel tepat. (Jika Anda tidak memiliki sebuah osiloskop di tangan, Anda dapat menggunakan PC dengan kartu suara dan program rekaman suara).

emitor diletakkan beberapa sentimeter dari mikrofon.

Ketika emitor dimatikan, osiloskop akan menunjukkan garis lurus, tidak ada sinyal:


Ketika emitor diaktifkan, osiloskop akan menunjukkan gelombang sinus:


Jadi, orang tuli akan dapat memberitahu cuaca emitor diaktifkan atau dimatikan. Hanya dengan melihat layar osiloskop.

Misalkan sekarang kita meletakkan emitor dua kali lebih jauh dari mikrofon.

Ketika emitor aktif, sinyal yang ditunjukkan oleh osiloskop akan dua kali lebih lemah:


Jadi, dalam rangka untuk tetap melihat sinyal jelas, kami akan meningkatkan amplifikasi osiloskop untuk membuatnya menunjukkan gelombang sinus lagi pada ukuran yang benar:


Tidak masalah. Semakin kita menempatkan emitor jauh dari mikrofon, semakin kita meminta osiloskop untuk memperkuat sinyal. Dengan cara itu sinyal tetap terlihat jelas, apa pun jarak.

Nah, pada kenyataannya hal ini tidak benar. Setelah kami telah menempatkan emitor, misalnya 5 meter dari mikrofon dan amplifikasi telah menjadi relatif penting, kita melihat kebisingan muncul:

Ini adalah apa osiloskop menunjukkan saat emitor adalah off:


Ini adalah emitor yang menunjukan on atau aktif :


emitor mungkin pada atau off, tidak ada bedanya. kebisingan tetap sama. Ketika emitor aktif, gelombang sinus hanya menambahkan sendiri ke kebisingan.

Kebisingan adalah sesuatu yang Anda tidak dapat menghindari. Apa pun yang Anda mengukur, jika Anda amplificate cukup, Anda selalu mendapatkan suara. Bahkan itu ada sejak awal, tapi itu begitu lemah sehingga kita tidak menyadarinya. Ini menjadi terlihat setelah kami amplificated itu cukup.

Mari kita emitor lagi dua kali lebih jauh. Kami harus meningkatkan dua kali amplifikasi. Sekarang kebisingan memiliki amplitudo yang sama seperti gelombang sinus:


Mulai sekarang, ketika kita akan menempatkan emitor lebih lanjut, kita akan tidak lebih meningkatkan amplifikasi. Karena suara mengisi layar osiloskop. Setiap kenaikan amplifikasi akan sia-sia: itu hanya akan membuat kebisingan pergi ke luar batas-batas layar osiloskop.

Ini adalah apa yang muncul ketika kita menempatkan emitor 10 meter:


Ini adalah apa yang muncul ketika kita menempatkan emitor 20 meter:


Dan ini muncul ketika kita menempatkan emitor 40 meter:


Kami tidak lebih mampu melihat gelombang sinus. (Anda mungkin memiliki kesan untuk melihat potongan-potongan gelombang sinus, tapi itu hanya ilusi.)

emitor mungkin atau menonaktifkan, osiloskop akan menunjukkan hal yang sama: suara.

Dengan demikian, pada jarak 40 meter sistem kami tidak bekerja lagi. Seseorang yang tuli tidak bisa lebih menggunakan osiloskop untuk memberitahu cuaca emitor aktif atau nonaktif.

Kuncinya adalah intensitas sinyal versus intensitas kebisingan. Itu sebabnya kami menggunakan konsep rasio sinyal / noise.

Rasio sinyal / noise adalah angka. Anda mendapatkan nomor ini dengan membagi jumlah ukuran intensitas sinyal dengan jumlah ukuran intensitas kebisingan.

contoh:

Ketika emitor adalah pada jarak 5 meter, intensitas sinyal adalah 1 dan intensitas kebisingan adalah 0,5. Rasio sinyal / noise demikian 2.

Ketika emitor itu pada jarak 10 meter, intensitas sinyal adalah 1 dan intensitas suara itu 1. Sinyal ratio / kebisingan sehingga 1.

Ketika emitor itu pada jarak 40 meter, intensitas sinyal adalah 0,25 dan intensitas suara itu 1. Sinyal ratio / noise demikian 0,25.

Ketika emitor sangat dekat dengan mikrofon, intensitas sinyal 1 dan intensitas kebisingan tentu kurang dari 0,01. Rasio sinyal / noise demikian besar dari 100.

Kita dapat mengatakan ini:

Ketika rasio sinyal / noise adalah 1, sinyal jelas terganggu oleh suara, tapi masih terlihat.

Ketika rasio sinyal / noise jauh lebih besar dari 1, sinyal sangat jelas, hampir tidak ada suara.

Ketika rasio sinyal / noise jauh kurang dari 1, sinyal benar-benar tersembunyi oleh kebisingan.

Sekilas Menjelaskan tentang Cara Kerja Receiver
Selanjutnya Cara kerja Protokol jaringan


Cara Kerja Protokol Jaringan

Protokol Jaringan


Kata protokol dibidang komputer digunakan untuk menjelaskan suatu aturan untuk saling berhubungan antara berbagai unit. Peralatan jaringan komputer mengikuti protokol dalam berkomunikasi satu sama lain.Sejak awal terdapat keragaman produk perangkat keras dan perangkat lunak Jaringan komputer yang tersedia di pasar. Keragaman ini disatu sisi menguntungkan pemakai peralatan Jaringan komputer karena mendorong persaingan di antara pemasok dan menyediakan pilihan model yang luas, namun keragaman ini menjadi beban karena sulit untuk saling menghubungkan produk dari para pemasok yang berbeda.

Sejumlah perusahaan manufaktur peralatan jaringan komputer menyadari potensi ketidak sesuaian peralatan sebelum situasi menjadi tidak terkendali. IBM adalah salah satunya. Pada tahun 1970 IBM memasarkan 200 produk jaringan komputer yang berbeda yang dapat saling dihubungkan dengan 15 cara yang berbeda, dan majemen IBM memutuskan bahwa satu set protokol perlu disefinisikan agar menjadi panduan bagi pengembang di masa depan. IBM menamakan system protokolnya dengan System Network Architecture (SNA).


CARA KERJA JARINGAN


cara kerja dari jaringan komputer bisa dilihat dari tipe jaringannya. tipe jaringan terdiri atas jaringan berbasis server dan jaringan peer to peer.

  • Jaringan Berbasis Server
jaringan berbasi server atau disebut juga client-server terdiri dari server yang biasanya menggunakan sistem operasi Windows 2000 server, dan client yang menggunakan sistem operasi windows 98  SE, Windows 2000 Profesinonal, Windows XP, atau sistem opersi lainnya.  Semua Workstation yang terhubung dalam jaringan ini dikelola oleh pengontrol domain dengan melaui pengontrol domain inilah semua account Worstation atau User dikumpulkan dan disimpan data basenya. Jadi dengan menggunakan jaringan berbasis server ini Workstation bisa berhubungan dengan Workstation lain apabila ada izin dari pengontrol domainnya. Hal tersebuit bertujuan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data daripengguna yang tidak berkepentingan.

  • Jaringan Berbasis Peer To Peer
Pada jaringan peer to peer setiap komputer dapat membuat account user dan berbagi sumber atau sharing dengan komputer yang lain dalam suatu jaringan, sehingga bersifat server sekaligus bersifat sebagai workstation. Tipe jaringan jenis initidak membedakan sistem operasi yang digunakan antara server dengan workstationnya. Umumnya, jaringan tipe ini diorganisasikan dengan sebuah Workgroup, sistem operasi yang bisa digunakan antara lain Windows 98, Windows NT workstation, dan Windows 2000 profesional. hubungan antar workstation tidak ada perizinannya sehingga kemanan data relatif  kurang.

SNA diterima begitu baik sehingga perusahaan manufakture komputer lain mengembangkan standar mereka sendiri. Misalnya burroughs mengumumkan Burrougs Network Architecture (BNA) dan Honeywell mengembangkan Distibuted System Environment (DSE), namun para pemakai tidak melihat banyaknya standar dari perusahaan manufaktur sebagai solusi bagi permasalahan mereka. Misalnya, SNA dari IBM memudahkan hubungan dengan perangkat keras dan perangkat lunak IBM, tetapi tidak membantu pemakai yang ingin menggbungkan produk IBM dengan lain.

protokol jaringan juga merupakan suatu peraturan yang sama dalam cara berkomunikasi antarkomputer sehingga dapat saking bertukar informasi. protokol untuk sistem jaringan dibagi menjadi dua  ,yaitu :

a. protokol komunikasi antarperalatan jaringan

protokol ini mampu mengatur bentuk dan jenis data yang dikirim ,menentukan besar listrik yang digunakan , jenis dan banyaknykabel yang digunakan untuk proses transmisi.

b. protokol dari sistem operasi yang digunakan

sistem operasi NetWare menggunakan protokol utama IPX/SPX . microsoft menggunakan protokol NetBeu,seedangkan protokol standar pada internet menggunakan protokol TCP/IP

Demikian Penjelasan Tentang Cara Kerja Receiver sinyal dan Protokol Jaringan , Semoga Bermanfaat bagi kita semua ^_^


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © Kujou Karen * Kujou Karen * - Powered by Blogger -