Posted by : KKaren Oct 21, 2018

HALO SEMUA....!!

Gak Kerasa Udah Kuliah aja XD Sekian lama gak posting lagi hehehe , Kali ini saya akan menjelaskan tentang Gambaran Umum Teknologi Informasi
silahkan simak ya ! ^_^

1. Definisi Komputer

Definisi Komputer Menurut Bahasa adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. dilihat dari beberapa aspek. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon / Untuk Menghitung).

Sedangkan Definisi Komputer Menurut para Ahli ialah :

- Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

- Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.


Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :

    1. Menerima Input 
    2. Memproses input tadi sesuai dengan programmnya
 
    3. Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
 
    4. Menyediakan output dalam bentuk informasi


Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).


Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky), komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.


Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri), komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.


Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis), komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.


Dari beberapa definisi yang didapat dari berbagai buku, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :

1.Alat elektronik
2.Dapat menerima input data
3.Dapat mengolah data
4.Dapat memberikan informasi
5.Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer(stored program)
6.Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7.Bekerja secara otomatis 

Sedangkan yang disebut dengan program adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi maka mungkin saja Definisi Komputer itu sendiri akan mengalami perubahan sesuai dengan konteksnya nanti.

Sampai Disini saja penjelasan Tentang Definisi Terkait dengan Komputer

Source : http://definisimu.blogspot.com/2012/07/definisi-komputer.html

=====================================================================

2. Sistem Komputer

Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.

Berikut adalah Penjelasan tentang Elemen-elemen yang ada pada Sistem Komputer :


   1. BRAINWARE (USER / PENGGUNA)

    Brainware
    atau bisa kita sebut perangkat otak adalah manusia atau pengguna komputer itu sendiri. Brainware bisa pula disebut sebagai user. Jadi, ketika kamu menggunakan sebuah komputer maka sebenarnya kamu yang menjadi pengguna komputer itu sendiri juga menjadai bagian dari sistem komputer tersebut. Saat kamu mengetiki di Microsoft word, atau mungkin bermain game misalnya, maka kamu menjadi brainware dari komputer tersebut. Maka dari itu, brainware secara sederhana bisa kita sebut sebagai pengguna komputer tersebut. Keberadaan brainware menjadi sangat penting karena tentu saja komputer tidak mungkin berjalan sendiri tanpa dioprasikan oleh pengguna.

    -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

       2. HARDWARE (PERANGKAT KERAS)



    Hardware atau perangkat keras adalah perangkat yang memiliki wujud fisik. Perangkat ini adalah berbagai benda komputer yang anda gunakan. Misalnya monitor, mouse, keyboard, dan CPU. Semua komponen tersebut merupakan bagian dari elemen hardware komputer.

    Hardware pada sistem komputer juga terdiri dari beberapa unit komponen, yaitu:

       1. Processing Unit (CPU)
    Processing Unit atau CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras          komputer yang berfungsi sebagai pusat pengolahan data dan mengontrol semua perangkat internal ataupun eksternal yang terhubung pada komputer. Jadi bisa dikatakan perangkat ini merupakan otak dari komputer. CPU akan melakukan komunikasi dengan komponen input, output dan storage untuk melaksanakan data atau perintah yang di masukkan.

       2. Input Unit
    Input Device adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contohnya adalah:

     1. Keyboard
     2. Pointing Device
     3. Mouse
     4. Touch screen
     5. Digitizer Grapich Tablet
     6. Scanner
     7. Microphone

       3. Output Unit
    Output Device adalah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk menampilkan informasi atau data yang merupakan hasil dari pemrosesan di sistem komputer. Data yang dihasilkan dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), gambar, suara atau berupa video.. Contohnya antara lain adalah :

     1. Monitor
     2. Printer
     3. Speaker

       4. Storage Unit
    Instruksi yang telah dimasukkan pada sistem komputer melalui input unit selanjutnya akan simpan di unit storage sebelum benar-benar mengalami pemrosesan. Begitu juga dengan hasil dari data yang telah selesai diproses, data tersebut terlebih dahulu disimpan pada Storage Unit sebelum dipindahkan pada Output Unit. Storage Unit terbagi menjadi dua yaitu:

     1. Internal Storage
     2. External Storage

    --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
       3.SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK / APLIKASI)


    Software sendiri juga dikenal sebagai perangkat lunak. Disebut perangkat lunak karena tidak seperti hardware, software tidak memiliki bentuk fisik. Bisa dikatakan software adalah perangkat yang berisi perintah atau intruksi yang bisa dipahami komputer.

    Software dapat dibedakan menjadi beberapa macam jenis kategori, misalnya seperti:

       1. Operating System (SYSTEM OPERASI)
    Sistem Operasi komputer merupakan program dasar komputer yang berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan hardware. Bisa juga dikatakan sistem operasi adalah perangkat lunak yang memiliki tugas untuk melakukan kontrol perangkat keras yang memungkinkan terjadinya interaksi antara perangkat keras dengan jenis software yang lain. Contoh sistem operasi komputer misalnya:

     1. Microsoft Windows
     2. Linux
     3. Mac OS

       2. Program Aplikasi (Application program)
    Program aplikasi adalah kategori software yang dipakai untuk membantu pekerjaan pengguna komputer untuk mengolah berbagai macam data. Perangkat lunak umumnya dinstall sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer tersebut. Contoh adalah

     1. Microsoft Excel
     2. Microsoft Word
     3. Microsoft Access
     4. Photo Shop
     5. Web browser
     6. Game dan masih banyak yang lain

       3. Utility Program (Program Tambahan)
    Utility Program atau software adalah software yang mempunyai fungsi untuk menjaga dan melindungi sistem komputer tetapi tidak berhadapan langsung dengan hardware. Contohnya antara lain:

     1. Data recovery,
     2. Disk Defragmenter
     3. Sceensever
     4. Backup
     5. anti-virus dan lain-lain.

       4. Language Program (Bahasa Pemrograman)
    Language Program adalah bahasa yang dipakai oleh pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer, bisa juga dikatakan sebagai standar bahasa instruksi untuk berkomunikasi dan memberikan perintah pada komputer. Contoh bahasa pemrograman antara lain PHP, Java, Python dan lain-lain. Akhirnya, lengkap sudah apa yang bisa saya jelaskan mengenai sistem komputer. Jika dilihat dari komponen penyusunnya, maka yang membedakan sistem komputer dengan komputer adalah user atau Brainware.

    Jadi pada sistem komputer, kita sebagai pengguna masuk ke dalam sistem. Tanpa adanya perintah yang diberikan oleh pengguna, sistem komputer tidak akan bisa berjalan.

    Sampai Disini saja penjelasan Tentang Definisi Terkait dengan Komputer

    Source : https://www.jurnalponsel.com/pengertian-dan-fungsi-sistem-komputer/

    =====================================================================

    3. Kelebihan Sistem Komputer dan Keterbatasan Sistem  Manusia
    Berikut Adalah Kelebihan Sistem Komputer :


    1. Membantu mempercepat pekerjaan manusia
    2. Mempermudah komunikasi jarak jauh
    3. Mempermudah sistem administrasi
    4. Mempermudah proses transaksi keuangan
    5. Lebih hemat dalam memakai kertas

    Berikut Adalah Keterbatasan Sistem Manusia :
    1. Tenaga yang dukeluarkan untuk menulis lebih besar
    2. Data yang dikerjakan tidak terlalu rapih
    3. Memerlukan ruangan penyimpanan yang lebih besar
    4. Bila ada kesalahan dalam menulis membuat tidak rapih
    5. Membutuhkan waktu yang lama


    =====================================================================



    4. Pengertian Teknologi Informasi



    Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).[1]

    Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menjelaskan

    Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi.[2] Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ".[3] Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.

    =====================================================================



    5. Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Teknologi Informasi



    Saat ini, teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu jenis dari bentuk teknologi yang berkembang dengan sangat pesat. Melalui fitur andalannya yaitu internet, saat ini teknologi komunikasi dan informasi seperti merupakan salah satu jenis teknologi yang menduduki peringkat teratas, baik dari sisi positif, negatif, hingga penggunaannya.
    Memang sebagai sebuah teknologi yang berkembang pesat, pastilah teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa kelebihan dan juga kelemahan. Ada yang disadari, dan ada juga yang mungkin tidak disadari, karena sudah menjadi bagian dari kepribadian individu tertentu. Berikut ini adalah dampak positif dan juga dampak negative yang bisa dirasakan di dalam kehidupan sehari-hari.

    Berikut adalah Dampak Positif Teknologi Informasi :
    1. Mempercepat Arus Informasi
       Arus informasi saat ini menjadi sangat cepat, bahkan cenderung tidak terkontrol hingga saat ini. namun demikian, hal ini merupakan salah satu dampak positif, karena dapat memberikan informasi mengenai suatu kejadian secara cepat, meskipun terkadang tidak akurat dan tidak tepat. Arus informasi dengan feedback yang merupakan karakteristik sistem informasi menjadi salah satu faktor perkembangan informasi dan komunikasi yang tampak. Sehingga memberikan manfaat tersendiri bagi setiap user. Terlebih terhadap internet, perkembangan jaringan komputer menjadi semakin pesat seiring penggunaan internet yang kian meningkat.
    2. Mempermudah Akses dalam mendapatkan Informasi Terbaru
      Merupakan salah satu efek domino dari bertambah cepatnya arus informasi. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat, maka siapapun akan bisa memperoleh informasi dengan mudah. Akses terhadap informasi ini bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan dari siapapun itu. Hal ini akan membantu individu dalam meningkatkan informasi dan pengetahuan yang dimilikinya, meski terkadang realibilitas dan validitas dari informasi tersebut dipertanyakan. Hal ini menjadi penanda bahwa penggunaan internet untuk berkomunikasi menjadi salah satu pilihan yang sangat diminati. Karena dapat terhubung ke setiap orang dai belahan dunia manapun. Disinilah peranan manfaat jaringan komputer sebagai salah satu sumber penggunaan internet menjadi lebih optimal.
    3. Media Sosial
      Media sossial juga merupakan dampak positif lainnya dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Media sosial dapat memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat mempertumakan individu dengan orang baru, dan menambah relasi antar individu. Sebagai contoh, salah satunya adalah facebook. Situs yang cukup besar ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak orang gunakan. Tidak hanya untuk menambah jaringan pertemanan di dunia maya, facebook juga menjadi sarana promosi dalam bisnis. Manfaat facebook bagi user sangatlah berguna, terlebih untuk menjalankan bisnis, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar.
    4. Membantu Individu dalam Mencari Informasi
       Dalam mencari informasi yang baru dan masih hangat, maka teknologi informasi dan juga komunikasi sangat memegang peranan yang penting. Dengan adanya arus informasi yang menjadi jauh lebih cepat, maka individu akan menjadi lebih mudah dalam mencari informasi yang diinginkan.
    5. Sebagai Media Hiburan
       Pemanfaatan dari teknologi informasi dan juga komunikasi berikutnya adalah dalam hal hiburan. Teknologi informasi dan juga komunikasi saat ini mendukung media hiburan yang sangat banyak ragamnya bagi setiap orang. Contoh saja dari media hiburan berupa games, music, dan juga ideo, banyak orang yang bisa hilang dan juga lepas dai stress karena hiburan yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini.
    6.Mempermudah Kominukasi Jarak Jauh
       Komunikasi merupakan salah satu hal yang paling utama yang harus dijalin oleh manusia, sebagai makhluk sosial. Dengan adanya teknologi informasi dan juga komunikasi, maka saat ini untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain menjadi jauh lebih mudah. Apabila pada jaman dulu kita harus menunggu berhari-hari menggunakan pos, maka saat ini, dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kita bisa mengirim pesan dalam waktu hitungan detik, dengan cepat dan juga mudah.Ini menjadi salah satu faktor pendorong penyebab teknologi komputer berkembang cepat. Chatting menjadi hal yang favorit bagi sebagian orang, terlebih saat ini penggunaan smartphone semakin meningkat di semua kalangan.
    7.Sharing dan Berbagi Dokumen dan File
       File dan juga dokumen saat ini sudah merupakan kebutuhan dari setiap orang. Baik dari file music ataupun dokumen penting, bisa dibagikan dengan menggunakan internet yang merupakan produk dari teknologi informasi dan juga komunikasi. Setiap user dapat saling membagikan file dan dokumen dengan mudah, bahkan kita saat ini bisa menyimpan file yang kita miliki dengan mudah di dalam cloud storage, atau media penyimpanan di dalam internet.Kegiatan membagikan file ke user tujuan tentunya memerlukan security yang cukup aman agar data yang di share tetap rahasia hingga user yang dimaksud menerima.Cara menjaga keamanan jaringan komputer perlu diperhatikan agar data yang dibagikan tetap terjaga.
    8. Memiliki Banyak dampak Positif dalam Dunia Pendidikan
      Dampak lainnya yang paling terasa dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah dalam bidang pendidikan. Materi pelajaran dan segala hal yang berhubungan dengan pendidikan akan menjadi lebih mudah untuk diakses dan diperoleh. Sehingga hal ini pun akan membantu meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi dari kebutuhan pendidikan itu sendiri bagi tiap individu di dalam kehidupan sehari-hari.Inilah manfaat mempelajari ilmu komputer yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah maupun tugas kuliah. Peranan teknologi memang tak dipungkiri juga turut andil dalam perkembangan dunia pendidikan yang lebih luas, dan lebih maju untuk kedepannya.
    9. Sebagai Bisnis Jual Beli
      Saat ini, muncul banyak lapangan pekerjaan baru yang dihasilkan berkat adanya perkembangan teknologi informasi dan juga komunikasi, yaitu online shop dan juga bisnis online. Hal ini menggeser kedigdayaan penjualan barang melalu toko fisik, karena dianggap lebih murah, praktis dan juga lebih efisien dari segi pemasaran produknya. Dengan adanya toko online ini, maka semakin banyak meningkatkan lapangan pekerjaan, dimana orang yang tadinya tidak memiliki pekerjaan akhirnya bisa memiliki pekerjaan dengan berjualan online. Disinilah fungsi sistem informasi dibutuhkan, juga bisa menggunakan media komunikasi online sebagai sarana mempromosikan bisnis.
    10. Membantu Menyelesaikan Masalah dengan Mudah
       Teknologi informasi dan juga komunikasi ternyata juga memiliki dampak yang positif dalam hal penyelesaian masalah. Dengan komunikasi yang menjadi lebih baik dan juga arus informasi yang cepat, maka teknologi informasi dan juga komunikasi dapat menjadi solusi bagi masalah.
    --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    Meskipun memiliki banyak dampak positif, akan tetapi ternyata teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman user akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi dan juga komunkasi dengan baik dan juga benar.

    Berikut Adalah Dampak Negatif dalam Teknologi Informasi :
    1. Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik
    2. Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber
    3. Cyber Bullying
    4. Konten negative yang berkembang pesat
    5. Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas
    6. Menjauhkan yang dekat
    7. Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan
    8. Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna
    9. Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang



    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    SEKIAN PENJELASAN DARI *FIRMANSYAH*/*KAREN* ^_^



    ~~ SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA ~~



    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

    Copyright © Kujou Karen * Kujou Karen * - Powered by Blogger -